translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rahasia Kelam Aktor Jerman Terkuak: Eks Tentara Nazi Hitler


Horst Tappert.Liputan6.com, Berlin : Lembaga penyiaran publik Jerman, ZDF memutuskan untuk menghentikan tayangan ulang serial detektif kriminal "Derrick". Setelah terkuak bahwa aktor utamanya bekas anggota Waffen SS, tentaranya Adolf Hitler.

Horst Tappert, yang menjadi pemeran utama -- seorang detektif bermata lebar yang populer dari tahun 1974-1998 dalam program yang ditayangkan di lebih dari 100 negara, adalah eks anggota resimen tank SS di front Rusia. Demikian terungkap dalam arsip yang dirilis bulan lalu.

"ZDF terkejut dan terganggu oleh berita bahwa Horst Tappert ternyata adalah anggota Waffen SS," kata juru bicara ZDF, Peter Bogenschuetz seperti dimuat News.com.au, Jumat (3/5/2013). "Kami tak punya rencana untuk kembali menayangkannya serial itu."

Arsip militer yang diungkap peneliti menunjukan, Tappert bergabung di Waffen SS di akhir tahun 1943, kala itu ia berusia 20 tahun.

Tappert, yang meninggal pada tahun 2008, tutup mulut soal rahasianya itu. Dalam wawancara maupun memoarnya, ia justru mengaku bergabung sebagai paramedis, sebelum akhirnya ditahan di akhir perang.

Sementara itu, televisi Belanda, Omroep MAX mengaku membatalkan rencana untuk memutar sekitar 20 episode "Derrick" Juli nanti.

"Aku sangat terkejut dengan kabar itu. Sungguh sesuatu yang tak diharapkan," kata pimpinan Omroep MAX, Jan Slagter kepada NOS. "Kami tak bisa menghormati aktor yang berbohong soal masa lalunya."

Gelombang kejut terutama melanda negara bagian Bavaria, Jerman, yang menjadi setting serial "Derrick". Gelar "detektif kehormatan polisi Bavaria" yang disematkan pada Tappert pada tahun 1980 sedang dipertimbangkan untuk dicabut.

"Jika sebelumnya kami tahu Horst Tappert punya kaitan dengan Waffen SS, kami tak akan mengabulkan permintaan gelar itu," kata juru bicara kementerian dalam negeri.

Pasukan Mengerikan

Tapert bukan satu-satunya. Sejumlah orang terkemuka di Jerman memilih tutup mulut soal masa lalunya di Waffen SS.

Pada tahun 2006, enam dekade setelah Perang Dunia II, Peraih Nobel sastra, Gunter Grass baru mengakui bahwa ia pernah menjadi anggota Waffen SS pada usia 17 tahun.

Waffen SS awalnya adalah unit bersenjata dari barisan pengawal Hitler yang ditakuti. Para anggotanya terdiri atas para pemuda pilihan, yang memiliki fisik kuat dan telah teruji kemurnian ras Arya-nya.

Setelah itu, selama Perang Dunia II, kekuatan Waffen-SS membengkak. Pasukan itu bertanggung jawab melaksanakan kekejaman terburuk Nazi.

Setelah perang, Pengadilan Nuremberg menvonis Waffen SS sebagai sebuah organisasi kriminal. Bukan hanya dikarenakan keterkaitannya dengan kamp-kamp konsentrasi dan unit-unit pembunuh mobil SS namun juga karena tindakan kekejaman terhadap penduduk sipil maupun tawanan perang yang dilakukan sejumlah unit tempurnya. (Ein)

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Rahasia Kelam Aktor Jerman Terkuak: Eks Tentara Nazi Hitler ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 23 Mei 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Rahasia Kelam Aktor Jerman Terkuak: Eks Tentara Nazi Hitler