translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Nazi Si Pembantai Sadis Tewas Digantung, Tapi Ternyata...


Nazi Si Pembantai Sadis Tewas Digantung, Tapi Ternyata...

Semua tak akan melupakan sejarah kelam soal Nazi. Kelompok Jerman yang dipimpin Adolf Hitler itu terkenal sebagai pembantai sadis puluhan ribu orang. Kini ada penemuan baru soal algojo Nazi yang membantai puluhan ribu orang Yahudi dan Polandia selama Perang Dunia Kedua. Amon Goeth namanya.

Buku sejarah menyebut Amon seorang pimpinan kamp Nazi itu mati karena dieksekusi di tiang gantung. Eksekusi terhadap Amon itu sempat difilmkan dengan durasi pendek tak sampai 1 menit pada tahun 1946. Dalam film hitam putih itu, Amon terlihat dituntun ke tiang gantung.

Tetapi ternyata, baru-baru ini terkuak bahwa yang digantung dalam video itu bukanlah Amon, melainkan orang lain. Sebuah film dokumenter baru dari National Geographic menunjukkan video itu ternyata diambil pada tahun 1947 -- yang membuktikan bukan Amon yang digantung, tetapi Dr Ludwig Fischer.

Sejarawan Suzannah Lipscomb meyakini bukan Amon yang digantung. Ia menduga sang pembantai sadis itu mati dibunuh. Bersama presenter TV terkemuka Joe Crowley, Lipscomb juga percaya Amon tidak melarikan diri seperti Adolf Eichmann dan Joseph Mengele.

"Saya tidak percaya ia (Amon) melarikan diri seperti petinggi Nazi lainnya," ungkapnya, seperti dilansirDailymail, Jumat (22/3/2013).

Lipscomb berharap dengan analisa dan dugannya, peneliti lain akan mencari tahu lebih jauh tentang apa yang terjadi pada Amon hingga akhir hayatnya.

Meski demikian, pernyataan Lipscomb ini belum dapat dipercaya 100%. Sebab sejumlah pihak masih bersikeras yakin, Amon mati digantung.

"Berdasarkan catatan akurat dan sumber internet, Amon mati di tiang gantungan. Kami tahu dia dieksekusi dan ada 1 pendapat yang belum dikonfirmasi, mengatakan saat mengeksekusi, para algojo sempat berjuang, karena tubuh Amon terlalu tinggi," ungkap Direktur film dokumenter Amon Goeth, David Caldwell-Evans.

Tapi David tidak mengetahui di mana Amon dimakamkan. Ia mengaku belum menemukan bukti tempat Amon disemayamkan. "Mungkin saja ia dikremasi dan abunya dibuang di sungai. Atau mungkin tubuhnya telah disumbangkan ke sekolah kedokteran. Kami tidak tahu," katanya.

Pembantai Sadis

Amon dikenal sebagai pimpinan kamp konsentrasi Kraksow-Plaszow di Polandia yang senang membantai secara sadis. Dalam film Schindler's List, Amon yang diperankan Ralph Fiennes -- yang meraih Oscar -- membantai puluhan ribu orang Yahudi dan Polandia selama Perang Dunia Kedua. Ia lebih sering menghabisi nyawa puluhan ribu orang dengan tangannya sendiri daripada menyuruh anak buahnya.

Seolah tak punya hati nurani, Amon sangat senang menembak bayi untuk bersenang-senang. Ia sangat bahagia ketika korban meninggal secara perlahan-lahan dan menyakitkan. Bahkan, Amon pernah memerintahkan 20 anjingnya untuk membantai tahanan hingga tewas.

Amon kemudian ditangkap pada tahun 1945 setelah pasukan Jerman melarikan diri ke Polandia. Dia kemudian berada di jeratan pihak berwenang Polandia. Dalam persidangan, Amon dinyatakan bersalah atas perintah pembunuhan 8.000 orang Yahudi, pelaku pembantaian terhadap lebih dari 2.000 orang.

Hingga saat ini, belum ada bukti detail tentang kematian Amon. Juga tidak ada yang tahu apa yang terjadi dengan jenazahnya. (Riz)
by;awang dharmawan.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Nazi Si Pembantai Sadis Tewas Digantung, Tapi Ternyata... ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 23 Mei 2013. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Nazi Si Pembantai Sadis Tewas Digantung, Tapi Ternyata...